6.10.10

Sensasi di Taman Safari...






Banyak alternatif tempat rekreasi di kawasan sekitar Jakarta, tapi Taman Safari menawarkan sensasi tersendiri. Dibuka secara resmi pada 1986, kawasan wisata ini berlokasi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, merupakan bekas perkebunan teh yang sudah tidak produktif lagi. Dengan luas 138 hektar, tanah di daerah penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini diserahkan pemerintah daerah kepada Oriental Circus sebagai pengelola Taman Safari.

Taman Safari terletak persis di jalan raya antara Jakarta – Bandung di kawasan Puncak, lebih kurang 80 Km dari Jakarta atau 2 jam dengan kendaraan. Sedangkan bila dari Bandung sekitar 78 Km atau 3 jam dengan mobil, karena jalannya naik turun. Taman Safari memiliki koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia dan juga satwa lokal, seperti Komodo, Bison, Beruang Hitam Madu, Harimau Putih, Gajah, Anoa dan lain sebagainya.

”Husya, husya, husya,” itu kata-kata yang diteriakkan Einzel saat mengetahui ada hewan liar mendekat dan menciumi kaca mobil. Sempat kami cemas saat ada rombongan banteng menghalangi jalan. Untunglah, baik mobil maupun kaos kami tak ada yang bernuansa merah, hehehehe...

Memang, di Taman Safari kehebohan itu terasa saat mobil pengunjung dihadang binatang-binatang yang sengaja dibiarkan berkeliaran bebas. Karena itu, tertera peringatan keras, dilarang membuka kaca dan memberi makanan bagi hewan. Karena sekali memberi makanan, maka hewan lain pun akan terbiasa merubung pengunjung. Khusus yang tidak membawa mobil pribadi, pihak pengelola menyediakan bis Taman Safari untuk berputar di area satwa liar.

Taman Safari dibuka setiap hari dari jam 09.00 s/d 17.00 wib, dengan harga tiket dewasa Rp. 75.000, anak-anak (di bawah 5 tahun) Rp. 60.000, dan tiket mobil Rp 15.000. Selain itu, dalam rangkaian perayaan ”Halloween” Oktober ini, Taman Safari juga menyelenggarakan safari di malam hari. Selain di Bogor, kini Taman Safari juga hadir di dua lokasi lain, yakni di Prigen, Jawa Timur, dan Gianyar, Bali.

Ini alternatif wisata keren nih, bersatu dengan alam, dan meninggalkan kebiasaan jalan-jalan sambil cuci mata di mall.

2 komentar:

  1. Tarif terbaru untuk weekend 75.000 mas?

    BalasHapus
  2. Bukan, kami berkunjung di hari biasa. Rabu (6/10) kemarin. sepertinya weekend sama, kok.

    BalasHapus