10.2.09

Rutinitas sebelum bobok malam


Tidak terasa einzel berumur 15 bulan. Aktifitasnya pun semakin bertambah lincah.
Einzel mempunyai tugas rutin tiap hari. Salah satunya kalau mau bobok malam. Dia bertugas memindahkan 2 guling dan bantalnya dari kasur di ruang TV ke kamar tidur. “ Mas, bawa gulingnya ke kamar,” kata ayah sambil menunjuk guling. Einzel dengan cekatan mengambil guling favoritnya ke tempat tidur.

Sebelum tidur, einzel lebih dulu cuci kaki. Biar bersih. Malam hari einzel bobok dengan diselingi minum susu di jam-jam tertentu. Bangun pagi, einzel bisa bangun dan turun kasur sendiri. Ayah dan bunda sengaja tidak memakai tempat tidur dulu karena takut einzel jatuh.

Bukan itu saja, einzel sudah terbiasa membuka pintu kamar sendiri. Jangan bingung, pintu kamar einzel sudah tidak rapat lagi. Jadi cukup dicungkil pake jari einzel, pintu pun terbuka.

Pernah suatu malam jam 23.00 ketika ayah dan bunda sedang menonton TV dan mengetik. Tiba-tiba einzel yang semula tidur di kamar, datang ke ruang TV. “ aku gak mau bobok sendiri,” mungkin kata einzel ya.

Apapun perkembangan anak, semua itu patut diapresiasikan. Tepuk tangan, ciuman atau kata-kata pujian yang membangun bisa membuat anak merasa didukun, diterima dalam keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar