22.6.08

Dunia Main Anak


Dunia anak, dunia bermain. Permainan bayi, umur 7 bulan seperti Einzel harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Pilihan permainan berdasarkan kebutuhan untuk merangsang perkembangan motoriknya.

Salah satunya, palang bertingkat. Palang ini dibuat tegak berdiri ditambah mainan yang digantung. Fungsinya, merangsang bayi (4 bulan) agar meraih dan mengapai benda. Sisi samping, biasanya ada mainan yang dapat diputar. Einzel biasanya, memutar-mutar mainan itu dengan jari-jarinya yang kecil.

Ada juga krincing-krincing yang dapat merangsang anak mencari suara. Kadang untuk mengalihkan perhatian Einzel yang sedang mainan sendiri, Bunda membunyikan krincing. Dicari tuh suara sama Einzel.

Ketika pulang dari Aussie, ayah membawa baby book. Hheeemm buat apa ya …. Di dalam buku yang terbuat dari kain itu, ada gambar-gambar dengan aneka warna dan bahan. Ada cerminnya juga. Yang ini agak susah, Einzel seringnya ngaca tuh…..

O iya, ada mainan pemberian tetangga yakni Kartu Belajar Membaca untuk Bayi. Nah lho. Bunda sempat membaca di milis, kartu membaca ini bisa merangsang bayi untuk bisa membaca satu kata pada 1 tahun, sebuah kalimat di usia 2 tahun dan sebuah buku di usia 3 tahun. Kartunya pun hanya bertuliskan seperti SUSU, APEL, dan ROTI.

Dalam sehari, bunda biasanya membacakan 5 kata di masing-masing kartu. Einzel pun hanya melihat kartu mengikuti jari bunda yang mengeja. Selamat belajar ya nak.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. wah.. bagus nih..sederhana tapi memberi wawasan edukasi.
    Cup sayang buat Einzel :)

    BalasHapus