29.6.08

Tips Mengajak Bayi ke Mall

Berdasarkan pengalaman ayah dan bunda mengajak Einzel ke mall untuk kali pertama kemarin, berikut Einzel bagikan tips untuk mengajak bayi ke mall, apalagi bila ia baru pertama kali berada di tengah keramaian banyak orang.

1. Pastikan jam makan dan jam tidur si kecil.
Bila si kecil memiliki jatah tidur dan makan di sela-sela acara ”going mall” itu, jangan lupa untuk mencari waktu yang tenang buat ”feeding” and ”sleeping”

2. Jelaskan semua hal yang baru kepada si kecil.
Meski mulut si bayi kebanyakan diam, bahkan melongo, karena memang bayi kita belum terlalu lancar bicara, terus saja ceritakan hal-hal baru yang ada di depannya. Percayalah, otaknya tidak sedang diam. Dan, masa-masa bayi adalah masa-masa di mana sebuah ingatan terasah tajam

3. Jangan cuekkan dia.
Jangan sampai orang-tua sibuk sendiri belanja di supermarket, memilih pakaian, atau melihat-lihat poster bioskop, sementara si kecil ditinggal begitu saja di kereta dorongnya. Ingat, tujuan kita mengajaknya ke mall bukan karena tidak ada yang mengasuh di rumah, tapi untuk memberi wawasan dan pencerahan baru bagi si kecil.

4. Berikan sesuatu yang tepat untuk kebutuhannya
Menyayangi anak bukan berarti memanjakannya. Kalau si kecil ingin naik komedi putar tapi ia belum cukup kuat, ya jangan dipaksa. Begitupula untuk permainan-permainan lainnya maupun keingin untuk membeli barang tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar